Kansai Trip, Dibalik Kemegahan Stasiun Kyoto - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 06 September 2014

Kansai Trip, Dibalik Kemegahan Stasiun Kyoto





Minna-san!! akhirnya kita bisa ketemu lagi ya, uda lama gak ketemu eh uda banyak aja perubahan di okonomikatsu tentunya semua perubahan itu kita jalanin dengan harapan agar okonomikatsu makin baik lagi kedepannya dari kita untuk minna-san para pembaca kita yang setia mampir ke okonomikatsu. 

postingan ini merupakan salah satunya, mulai sekarang mimin-san hamyo akan share ke minna-san semua tentang apa aja pengalaman yang mimin-san dapat selama berada di Negri sakura salah satunya pengalaman traveling!! mulai dari sekarang mimin-san bakal membagi hal hal random tapi menarik, pengalaman pengalaman gila, tips traveling di negri sakura, matsuri atau event event kebudayaan yang menarik, dan pastinya tempat tempat menarik di negri sakura yang anti mainstream dijamin gak bakal bisa minna-san temui infonya kecuali hanya di okonomikatsu, yang mimin-san dapat selama perjalanan mimin-san di negri sakura dengan harapan dapat menginspirasi minna-san dan juga pastinya suatu saat minna-san dapat mengunjungi tempat tempat tersebut, semua artikel tentang trip di negri sakura ini bisa minna-san temui di okonomikatsu pada satu kolom "Japanese traveling" 



baiklah kalo begitu kita mulai aja nih minna-san perhentian pertama, Kyoto!! kalo udah mendengar kata Kyoto apa hal yang terlintas di pikiran minna-san? geisha, upacara minum teh, kuil kuil dan kastil serta spot spot peninggalan sejarah Jepang lainnya, pastinya Kyoto memiliki banyak sekali alasan untuk menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika minna-san melancong ke negri sakura, tetapi bagaimana jika pertanyaannya apa tempat yang paling wajib dikunjungi dan berharga setiap detiknya untuk dieksplorasi ketika berada di Kyoto?  mungkin akan sedikit sulit untuk dijawab bagi beberapa dari minna-san akan tetapi mimin-san hamyo dengan tegas bakal memberi satu jawaban untuk pertanyaan ini, yup!! hanya satu tempat, Kyoto station. 


Kenapa mimin-san memilih Kyoto station sebagai destinasi yang paling wajib dikunjungi di Kyoto, alasan utama ya karena tempat ini bakal jadi tempat pertama yang minna-san injak jika menaiki moda transportasi kereta api. tentunya bukan hanya itu saja alasan kenapa mimin-san merekomendasikan stasiun Kyoto, banyak sekali hal hal menarik yang tersembunyi dibalik kemegahan stasiun utama Kyoto ini salah satunya adalah Desain bangunan yang sangat modern dan terkesan futuristik juga bersebrangan dengan salah satu landmark dari kota Kyoto yaitu Kyoto Tower. Berbanding terbalik dengan image Kyoto sebagai kota serba traditional dengan mempertahankan banyak unsur unsur historikal Jepang. Dibuka untuk publik pada tahun 1997 dengan desain nya yang modern, stasiun Kyoto berdiri kokoh sebagai bangunan dengan design futuristik yang dikelilingi oleh kentalnya suasana tradisional kota Kyoto membuat seolah bangunan ini menjadi simbol modernisasi Kyoto.  

Seberapa besar Kyoto station?



Kyoto station membentang dari timur ke barat sepanjang 470 meter, memiliki kapasitas space floor seluas 238.000 meter persegi dan memiliki kurang lebih 15 lantai!! ini stasiun apa mall? well... dari angka tersebut bisa minna-san bayangkan betapa besarnya Kyoto station, jujur aja meskipun mimin-san menghabiskan 4 hari di Kyoto dan sudah entah berapa kali bolak balik keluar masuk bangunan ini mimin-san tetep gak bisa ngapalin keseluruhan denah bagian dalam Kyoto station, tidak jarang mimin-san juga nyasar ketika berada di dalam Kyoto station.

Apa saja yang ada di Kyoto station?

Ukuran bangunan sebesar ini pastinya membesitkan satu pertanyaan, sebenernya apa aja sih yang ada di dalam nih stasiun? setelah berkali kali keluar masuk ini stasiun tetap saja banyak hal yang masih mimin-san belum ketahui yang tersebar di setiap lantai dan setiap sudut ruangan stasiun Kyoto ini, semakin kita mengeksplorasi bangunan ini semakin banyak pula hal hal menarik yang dapat kita temui. Kyoto station tentunya memiliki berbagai macam fasilitas yang mendukung penuh kenyamanan para pengunjung serta penumpang kereta yang sedang menunggu jadwal keberangkatan ataupun kedatangan. 

salah satu spot shopping di lantai basement
Tourist Information office, satff nya bisa berbagai bahasa

"Tersedia satu ruangan yang menyediakan berbagai macam map dan pamflet informasi
Ada miniatur Kyoto station yang dirangkai dari Lego!!

Shopping mall yang tersebar di beberapa tempat, hotel hotel mewah, teater, Food court yang tersebar di setiap lantai menawarkan banyak sekali pilihan restoran dan tempat makan dengan berbagai macam pilihan mulai dari fast food, atau minna-san ingin santai menikmati secangkir kopi di salah satu kafe di area food court tersebut, tersedia juga sebuah teater dan kyoto eki museum yang menyelenggarakan pameran pameran yang menarik, jangan lupakan pentingnya Kyoto tourist office yang menyediakan banyak sekali map serta pamflet gratis dan juga tourist information yang menyediakan staff dengan berbagai bahasa mulai dari bahasa inggris, chinese, korea, pokoknya semua hal sebagai penunjang eksplorasi minna-san sebelum melangkah keluar dari gedung stasiun.

Beruntungnya, ketika mimin-san berkunjung di Kyoto station kebetulan sedang digelar pameran action figure yang memiliki display koleksi berbagai macam action figure yang cukup menarik, pameran pameran seperti ini tidak jarang di gelar di kyoto station terkadang sebagai bentuk promosi suatu event yang akan digelar dalam waktu dekat, jika beruntung minna-san juga dapat menemukan spot pameran seperti ini di Kyoto station.







Bukan sekedar tempat untuk menunggu kereta


Bagi mimin-san sendiri stasiun Kyoto tidak hanya sebatas tempat untuk mereka para penumpang yang menunggu kereta untuk kemudian meninggalkan kota ini, dengan banyaknya fasilitas yang sudah mimin-san sebutkan di atas Stasiun Kyoto menjadi sebuah landmark building yang pantas untuk dikunjungi oleh semua orang bukan hanya sebatas penumpang kereta saja akan tetapi sebagai pengunjung. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu sejenak untuk mengeksplorasi tempat ini atau ketika terjebak cuaca diluar yang kebetulan sedang buruk, menikmati secangkir coklat hangat di salah satu sudut food court diselingi dengan hiruk pikuk para penumpang kereta yang resah menunggu jadwal kedatangan kereta, memperhatikan selingan pertemuan serta perpisahan di deretan peron, bercampur dengan keresahan mereka yang masih berat untuk beranjak dari indahnya kota Kyoto.  

Jika minna-san sampai di Kyoto station, jangan buru buru keluar gedungnya ya, sempatkan untuk mengeksplorasi beberapa bagian dalam salah satu landmark kota Kyoto ini dan jangan lupa share jika minna-san menemukan hal hal menarik lainnya dari kemegahan stasiun Kyoto, selamat berpetualang!!

Author:
Hamyo 

1 komentar:

  1. benar-benar sangat megah sekali ya stasiun kyoto .

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here