Yamishibai, Anime Cerita Hantu Jepang - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 28 Agustus 2014

Yamishibai, Anime Cerita Hantu Jepang


"Yotterashai, Mitterashai, Yamishibai no jikan da yo..."
(Ayo datang dan lihatlah, ini waktunya untuk Yamishibai)

Itulah yang dikatakan oleh sang pendongeng pada setiap awal dari Anime horor 4 menit yang satu ini. Anime ini diproduksi oleh Studio ILCA, dan memiliki 13 episode pada musim pertamanya yang berlangsung selama musim panas tahun 2013, dan juga ongoing pada musim panas 2014.




Yamishibai ini berasal dari salah satu bagian dari budaya nyata di jepang, yaitu Kamishibai, yang secara harfiah bermakna "Teater Kertas". Para  pendongeng biasanya akan membawa sepedanya ke tempat yang ramai dengan anak anak, dan mereka akan membeli permen lalu menonton pertunjukan yang dilakukan oleh sang pendongeng melalui media kertas yang ditunjukkan satu per satu seiring berjalannya cerita. Pertunjukan Kamishibai juga dianggap sebagai pelopor anime dan manga modern.



Sesuai dengan asal mulanya, Yamishibai memiliki gaya seni seperti gambar yang tak bergerak, namun seperti potongan kertas yang digerakkan, memberikan rasa orisinil teater kertas pada anime ini.


Cerita-cerita yang disampaikan oleh Yamishibai juga sesuai dengan cerita-cerita horor jepang, yang penuh ketegangan, dan mengakhirinya tanpa menunjukkan secara langsung apa yang akan terjadi. Seperti pada akhir cerita pertama, dimana akhirnya sang pria merobek-robek jimat-jimat yang ada dibawah mejanya, dan menyebabkan hantu-hantu keluar, dan ceritanya pun habis, meninggalkan rasa samar pada penonton, dan mengira-ngira apa yang terjadi pada akhirnya.


Peringatan bagi yang jantungnya lemah, Yamishibai ini penuh dengan Jumpscare atau kejutan kejutan yang dibarengi suara berisik. 

Selamat menonton.

Author:
Kevin 

3 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here