Tradisi Tahun Baru di Jepang, Doa Awal Tahun Hingga Makanan Mewah - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 03 Januari 2014

Tradisi Tahun Baru di Jepang, Doa Awal Tahun Hingga Makanan Mewah



Halo mina-saaan~ hisashiburi~. Oke ternyata sekarang kita udah memasuki tahun 2014 yeeeeey \(^0^)/. Dan semoga ini jadi postingan pertama di okonomikatsu di tahun ini muahahahahahahah *senyum biadab*. Berhubung masih suasana tahun baru pada postingan kali ini saya mau ngebahas apa yang dilakukan orang jepang untuk ngerayaain awal tahun baru. Douzoo~

1.     Bangun
Ngg.....yah udah pada ngerti kan. Udah lah ya, udah pada gede kan? :v

2.     Hatsumōde

Image source
Tahun baru (正月 shōgatsu) di Jepang dirayakan tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 3 Januari. Dalam bahasa Jepang, kata "shōgatsu" dulunya dipakai untuk nama bulan pertama dalam setahun, tapi sekarang hanya digunakan untuk menyebut tiga hari pertama pada awal tahun.

Hari-hari pada awal tahun baru ditandai dengan hatsumōde berupa kunjungan pertama ke kuil agama Shinto dan Buddha. Di depan kuil-kuil besar, selepas pergantian tahun sudah bisa dijumpai kerumunan orang yang menunggu pintu kuil dibuka. Doa yang disampaikan biasanya berupa harapan agar sehat dan selamat sepanjang tahun.

3.     Makanan tahun baru
Image source
Osechi adalah sebutan untuk masakan istimewa yang dimakan pada tahun baru. osechi dimasak berhari-hari sebelumnya dan diatur di dalam kotak kayu bersusun yang disebut jūbako (重箱?). Salah satu osechi yang terkenal saat merayakan tahun baru adalah sup zōni dari kuah dashi yang berisi sayuran dan mochi.

"Bukan mochi yang ini "

4.     Berkiriman Kartu Ucapan Tahun Baru
Image source

Berkiriman kartu pos ucapan tahun baru (nengajō 年賀状) merupakan salah satu tradisi merayakan tahun baru di Jepang. Uniknya kartu pos ucapan tahun dijamin sampai ke alamat yang dituju pada tanggal 1 Januari, asalkan dikirim tidak melewati jangka waktu penerimaan yang ditetapkan kantor pos. Penerimaan nengajō biasanya dimulai pertengahan Desember hingga beberapa hari terakhir sebelum penutupan tahun. Supaya semua nengajō bisa sampai pada tanggal 1 Januari kantor pos merekrut pegawai ekstra yang biasanya dari kalangan pelajar. 

5.     Otoshimada
Image source
Selain mempunyai tradisi mengirim nengajō orang Jepang juga mempunyai tradisi memberikan angpao yang dikenal dengan sebutan otoshidama (お年玉?). Sewaktu memberikan otoshidama untuk anak-anak, sejumlah uang kertas yang masih baru atau uang logam dimasukkan ke amplop kecil bernama pochibukuro (otoshidama-bukuro) yang berhiaskan aneka gambar kesukaan anak-anak. Nah setau saya otoshimada cuma diberikan jika masih ada hubungan keluarga, jadi mina-san ga bisa pas tahun baru ngetok rumah tetangga terus minta otoshimada, emang lebaran -_-‘

6.     Kesenian dan permainan
Image source
Perayaan tahun baru juga dimeriahkan dengan menulis aksara kanji pertama untuk tahun tersebut. Tradisi menulis aksara kanji yang dilakukan tanggal 2 Januari disebut kakizome (kaligrafi pertama). Selain itu tahun baru juga dirayakan dengan berbagai permainan, seperti:  permainan fukuwarai (meletakkan gambar bagian-bagian wajah, seperti hidung, alis mata, dan mulut pada tempat yang tepat dengan mata tertutup), hanetsuki (bulu tangkis tradisional), menaikkan layang-layang (takoage), gasing(koma), bermain dadu (sugoroku), dan permainan memungut kartu yang disebut karuta.

Kaya gitulah kira kira yang dilakuin orang jepang untuk ngerayaain awal tahun baru. Gimana dengan perayaan awal tahun baru kalian, kayanya banyak yang beda ya. Walaupun caranya ngerayain awal pergantian tahunnya berbeda yang penting harus ceria dan optimis kaya gini.....

"Dia bukan mimin-san Hamyo, percayalah"

*Kemudian dipecat* Kayanya postingannya sampai disini dulu sebelum saya digaplok pake popcorn, oke dadah minasaaaan~

Author:
Faisal 

3 komentar:

  1. LOL! Foto itu dipake juga sama Ilham... BWAKAKAKAKAK!!! (dari yang ngambil foto dan buat meme)

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat menarik , terimakasih .

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here