Visiting Japan, When? and Why? - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 15 Agustus 2013

Visiting Japan, When? and Why?

 Image by

Yooooow Minna-san!
Kali ini boku mau berbagi info soal waktu – waktu yang tepat untuk berpegian ke jepang, dan tujuan tujuan hebat dalam waktu – waktu tertentu.
Yosh, langsung saja kita mulai!

Untuk menentukan waktu mengunjungi jepang, ada 2 hal utama yang baiknya dipertimbangkan. Keadaan suhu/cuaca/iklim dan tujuan. 2 hal ini berkaitan satu sama lain, secara erat. Misal, saat musim dingin, tentunya yang banyak tersedia adalah festival musim dingin dan ski, bukan melihat mekarnya bunga sakura, yang menjadi banyak incaran turis. Kegiatan ini pun adalah kegiatan spesial di bulan Maret – April, awal musim semi.

Untuk memulai, boku bakal ngejelasin beberapa tourist attraction yang cukup terkenal, dengan waktu berkunjungnya:

Melihat mekarnya bunga sakura (Hanami). Kegiatan terkenal ini adalah salah satu kegiatan incaran turis internasional, dan mungkin bisa dibilang salah satu andalan utama industri turisme Jepang. (Musim Semi, biasanya Ujung maret hingga ujung April, bervariasi di berbagai prefektur)

Sapporo Snow Festival. Festival musim dingin (Yuki-Matsuri) ini dikenal baik dengan adanya patung patung es berukuran kolosal (Festival ini jadwalnya pada minggu kedua bulan februari, pada tahun 2014 diadakan pada bulan Februari, tanggal 5-11)

Festival Obon. Festival ini diadakan pada tanggal 15 agustus (Kanto : 15 Juli). Festival ini diadakan untuk menghormati arwah leluhur. Terkenal dengan tarian Bon Odori, berbeda – beda pada aspeknya pada tiap wilayah.

Gion Matsuri. Festival yang paling terkenal, yang diadakan di tokyo. Float – float raksasa yang berjalan melalui jalan – jalan di dekat sungai Kamo adalah daya tarik utama festival ini. (Berjalan sepanjang Juli; parade float(utama) pada tanggal 17)

Ski. Di jepang terdapat beberapa tempat – tempat ski terkenal, seperti Happo-One dan Shiga Koogen. Tergantung tersedianya tempat ski dan iklim tempat yang bersangkutan


Selain 5 hal diatas, ada lagi banyak event atau festival yang menarik di jepang, tiap bulannya:
Januari: Tahun baru(Shoogatsu), Seijin-no-hi(perayaan untuk anak yang sudah mencapai umur 20), Bonden-sai
Februari: Setsubun Matsuri, Yuki Matsuri(Banyak, selain Sapporo), Hachinohe Enburi
Maret: Melihat mekarnya phon Plum, Omizutori, Sagicho Matsuri
April: Takayama Matsuri, Kamakura Matsuri, Yayoi Matsuri
Mei: Golden week, Hakata Dontaku Matsuri, Takoage-Gassen, Kanda Matsuri, Asakusa Sanja Matsuri, Mifune Matsuri
Juni: Musim hiking di pegunungan Jepang, Sanno Matsuri
Juli: Musim pendakian gunung Fuji, Hachi-no-hi Matsuri
Agustus: Nebuta Matsuri, Awa-Odori Matsuri, Daimon-ji Gozan Okuribi, Festival kembang api musim panas, Perayaan hari bumi(Utama di pulau Sado-gashima)
September: Kishiwada Danjiri Matsuri Ozawara Kaze-no-bon Matsuri
Oktober: Kurama-no-hi Matsuri, Nagasaki Kunchi Matsuri, Jidai Matsuri, Nada no Kenka Matsuri
November: Shichi-Go-San, Tori-no-Ichi
Desember: Shogatsu, Chihitsu Yomatsuri, Kasuga Wakamiya On-Matsuri, Okera-Mairi Matsuri
Nah, tiap kegiatan ini akan dibahas di Okonomikatsu dalam waktu mendatang.

Cuaca dan Iklim

Untuk Cuaca dan iklim, perputarannya di Jepang cukup stabil. Pada bulan Januari dan Februari, musim dingin mulai berkurang, dan ski biasanya menjadi pilihan utama para turis. Pada bulan Maret, musim semi mulai datang, dan biasanya ditandai dengan mekarnya bunga pohon Plum. April adalah puncak musim semi, ditandai dengan mekarnya bunga Sakura. Bulan Mei adalah salah satu bulan terbaik untuk mengunjungi Jepang. Cuacanya hangat dan cerah di sebagian besar wilayah Jepang. Juni adalah bulan yang bagus untuk mengunjungi jepang. Suasanya cerah dan hangat. Pada bulan Juli, panas mulai datang, dan cuaca pun mulai menjadi cukup kering. 

Pada bulan Agustus musim panas menggapai puncaknya. Suhu biasanya panas, dan kering. Banyak Festival menarik diadakan di Bulan ini. Pada bulan September, suhu mulai menurun, dan cuaca mulai menjadi nyaman. Langit yang cerah membuat waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang. Oktober adalah bulan terbaik yang selanjutnya. Cuacanya bisa jadi sejuk dan cerah. Pada bulan November, Jepang mulai ramai dengan pengunjung. Langit biasanya cerah, dan salju mulai berjatuhan di pegunungan. Pada bulan Desember, cuacanya sejuk dan dingin di penjuru Jepang, dan para penduduk mulai persiapan tahun baru. Sebagian besar toko tutup, namun akomodasi dan transport masih beroperasi.

Nah, demikian dulu topik hari ini. Semoga infonya bermanfaat buat minna-san, ya!
Sampai Jumpa lagi di waktu yang dekat, jaa~

P.S.: Untuk seri Living In Japan akan segera boku lanjutkan, soalnya bahan risetnya cukup banyak, dan sedikit ribet. Gomen, Minna-san!

Site Reference:
JNTO
Japan-Guide
Bonodori

Book: Japan - Lonely Planet (Rowthorn, Chris; Bender, Andrew; Crawford, Laura)

Author:
Kevin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here