Sayonara Summer, Mengenang Makanan Khas Matsuri Musim Panas - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 20 Agustus 2013

Sayonara Summer, Mengenang Makanan Khas Matsuri Musim Panas

Image By

Bulan Agustus mulai memasuki masa masa akhir, teriknya matahari musim panas di Jepang akan segera tertutupi oleh awan tebal dan dinginnya angin musim gugur mulai tidak sabar menunggu untuk menghembus daun daun dipepohonan yang akan segera menguning. Saat yang tepat untuk menikmati sisa sisa kemeriahan musim panas yang hampir mencapai puncaknya, berbagai macam festival musim panas digelar secara meriah sebagai penutup untuk mengucapkan selamat tinggal dan sampai jumpa lagi di musim panas tahun depan.

Hanabi, parade omikoshi, festival Gion yang sangat terkenal dan berbagai macam kemeriahan natsu matsuri lainnya satu persatu berlalu. Seperti halnya momen disetiap matsuri musim panas yang menjadi kenangan tak terlupakan, ada hal lain yang patut dinanti dan membuat musim panas ditunggu kembali kedatangannya ditahun depan, hal tersebut adalah makanan khas matsuri yang turut menjadi bagian tak terpisahkan dalam memeriahkan suatu matsuri.

Makanan makanan ini biasanya menjadi jajanan ringan untuk menemani saat berkeliling menikmati hangatnya musim panas di tengah kemeriahan suatu matsuri. Stand stand penjual makanan atau yang biasa disebut sebagai Yatai ini berjejer rapi disisi kiri dan kanan, lalu Apa saja makanan khas natsu matsuri yang biasa dijajakan dan menjadi bagian dari aroma musim panas di Jepang ini?

1. Takoyaki

Bola bola tepung panas ini adalah salah satu makanan paling terkenal yang dijajakan sebagai jajanan khas matsuri. Takoyaki merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Osaka, menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada ketika sebuah matsuri atau bunkasai sedang diadakan. Tiidak akan sulit bagi minna-san untuk menemukan makanan ini ketika berkunjung ke sebuah matsuri, panasnya bagian dalam dari bola bola tepung yang berisi cumi cumi ini bisa menjadi cemilan saat berkeliling menikmati suasana matsuri.

2. Okonomiyaki

Pancake ala Jepang atau pizza ala Jepang atau….. apalah hal hal yang berbentuk bundar dan menyerupai makanan ini tinggal minna-san tambah dengan kata “ala Jepang” dibelakangnya untuk mendeskripsikan makanan yang satu ini (gak gitu juga sih). Terlepas dari perdebatan okonomiyaki style terbaik antara Hiroshima dan Osaka, makanan ini tidak bisa dipungkiri adalah salah satu yang bersaing dengan takoyaki jika dijajakan. Kepopuleran okonomiyaki membuat kebanyakan pencinta kuliner Jepang masih bertanya, okonomiyaki yang manakah yang terbaik antara Hiroshima style dan Osaka style. Kembali lagi kepada arti dari okonomiyaki yang berasal dari kata “okonomi” memiliki artian “seperti yang anda inginkan”” jadi Bagaimana jika kita berhenti berdebat dan mulai menyantap okonomiyaki dengan style yang “seperti keinginan anda” baik itu Hiroshima style maupun Osaka style, ya….. selagi masih hangat “Itadakimasu!”

3. Yakitori


“Sate? Apakah itu dirimu, oh…. Sate?” oh ternyata bukan minna-san, jika dilihat sekilas saja makanan khas matsuri yang satu ini memang memiliki kemiripan dengan kuliner sate dengan ciri khas daging ayam tusuk yang dipanggang. Bagi minna-san yang sudah terlanjur menjadi penggemar sate, mungkin jangan terlalu berharap kepada kuliner ini karena tidak seperti sate Yakitori tidak memakai bumbu bumbu rempah yang akrab dengan kebanyakan lidah kita, yakitori pada umumnya hanya menggunakan siraman soy sauce yang telah dicampur dengan mirin (sejenis cuka masak yang mengandung alkohol), meskipun simpel tapi jangan salah minna-san, Yakitori juga salah satu makanan wajib dan sangat mudah didapati pada sebuah perayaan matsuri.

4. Yakisoba

Dibawa dari China pada sekitar abad ke-20, kini mie goreng ini telah menjadi salah satu makanan khas matsrui yang terkenal di kalangan masyarakat Jepang bahkan telah menjadi salah satu street food favorite di Jepang. Kemudahan menyantap mie juga kedekatan masyarakat Jepang dengan segala bentuk konsumsi makanan jenis mie mungkin menjadi alasan kenapa Yakisoba menjadi terkenal dan dekat dengan masyarakat Jepang, lagi pula siapa yang tidak suka makan mie? Apa lagi mie instan yang tinggal seduh *eh

5. Ikayaki

Lagi lagi Osaka menyumbangkan satu kulinernya yang menjadi makanan khas saat matsuri, Ikayaki atau Yaki Ika, entah bagaimana cara pengucapannya yang jelas makanan satu ini juga wajib dijajakan pada sebuah Yatai. Cumi cumi potong yang isi perutnya telah dibersihkan dan disusun kembali pada satu tusuk bambu, biasanya disajikan dengan ukuran utuh seluruh badan tanpa bagian tentakel nya.

6. Ringo Ame

Dari tadi bahas makanan goreng gorengan sama panggang panggangan terus nih, ayo kita beralih ke yang manis manis minna-san. Tentunya minna-san udah banyak yang tau dong makanan yang satu ini, “Ringo Ame” apel yang dibaluti dengan karamel  manis ini bisa menjadi pilihan lain bagi minna-san yang tidak terlalu suka berbagai makanan matsuri yang kebanyakan merupakan produk gorengan dan panggangan.

7. Watame

Tidak hanya di Jepang saja, permen kapas yang menjadi cemilan empuk dan manis ini hampir dapat ditemukan disetiap gelaran festival seperti karnaval. Memiliki tekstur dan tampilan yang lembut, empuk, sedikit lengket dan lumer ketika di makan menjadikan makanan ini cukup populer dikalangan anak anak jadi tidak heran ketika berkeliling disebuah matsuri minna-san akan banyak menemukan anak anak sedang memegang erat satu bungkus gumpalan Watame bersama mereka.

8. Choco Banana

Perpaduan antara coklat dan pisang itu memang salah satu inovasi terbaik yang diciptakan manusia!! Makanan ini sangat wajib untuk minna-san cicipi, satu stick pisang yang dilapisi coklat penuh pada semua sisinya ditambah lagi taburan mesis memang santapan yang bisa membangkitkan mood minna-san untuk lebih menikmati suasana matsuri.

9. Taiyaki

Ikan tapi bukan sembarang ikan minna-san, kue tepung berbentuk ikan ini memiliki berbagai macam rasa yang menjadi isi perutnya. Jika bagian terburuk dari seekor ikan adalah isi perut kebalikannya untuk ikan yang satu ini, berbagai macam rasa pada isi perut nya membuat makanan ini menjadi semakin nikmat tapi yang paling juara adalah isi perut dengan rasa kacang merah hangat, untuk rasa yang lain bisa minna-san abaikan.

10. Kakigori

Apa jadinya musim panas tanpa es serut dingin yang sangat segar ini. Serutan es yang disiram dengan sirup berbagai warna dan berbagai rasa yang bisa minna-san pilih sesuai dengan selera, sangat cocok untuk menambah semangat dan kesegaran minna-san dalam menghadapi teriknya cuaca saat musim panas atau setelah lelah berkeliling menikmati berbagai macam makanan dan permainan pada saat matsuri berlangsung.

Ayo apalagi yang minna-san tunggu, silahkan nikmati sisa sisa kemeriahan musim panas tahun ini dan sampai jumpa lagi di musim panas tahun depan!! Sayounara Natsu :)       

Site Reference:
Japan-Talk     

Author:
Hamyo 

1 komentar:

  1. entah kenapa kalau liat taiyaki saya suka pengen nyoba, apalagi bener yang mimin bilang , yang isinya kacang merah pasti menggugah selera banget .

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here