Surga Bagi Para Train Otaku, Museum Kereta Api Saitama!! - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 03 Juni 2013

Surga Bagi Para Train Otaku, Museum Kereta Api Saitama!!



Museum Kereta Api ( 博物) merupakan sebuah museum yang terletak  di Saitama, Jepang. Dibuka pada tanggal 14 Oktober 2007. Dibangun dan dioperasikan oleh The East Japan Railway Culture Foundation. sebuah afiliasi nirlaba  Perusahaan Kereta Api Jepang. Museum ini terdiri dari sebuah bangunan seluas 19.800 m².


Di dalam museum ini terdapat sekitar 30 kereta api , simulator kereta, diorama kereta api, kereta mini, penyimpanan artefak dan buku-buku, video, ruang multi-tujuan, sebuah balkon galeri, kafetaria, toko dan ruang penelitian. 



Museum terbagi menjadi dua zona :  zona sejarah dan zona belajar. Zona sejarah menceritakan sejarah teknologi kereta api dengan bantuan kereta yang ada di masa lalu. Dalam zona belajar, pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan mekanisme kereta api dengan menggunakan bagian-bagian aktual dan model.  

Nah untuk mengelilingi museum ini diadakan tur, Tur museum ini membutuhkan waktu sekitar dua jam dengan waktu ekstra untuk pameran interaktif.

Museum ini memiliki simulator mengemudi yang memungkinkan mina-san untuk menjadi driver sebuah lokomotif uap D51, kereta Shinkansen, dan kereta api di Jalur Tokaido, Keihin Tohoku Line, dan Jalur Yamanote. Tapi untuk simulator D51 membutuhkan reservasi melalui pemesanan terminal yang dipasang di museum dengan biaya sebesar 500 yen, tetapi simulator lain nya gratis mina-san!

Museum Kereta Api ini adalah penerus dari Museum Transportasi (交通 博物Kōtsū Hakubutsukan) di Chiyoda, Tokyo.  Museum ini dulunya adalah Museum Kereta Api yang ada di dekat Stasiun Tokyo pada tanggal 14 Oktober 1921.  Pada tahun 1936, Museum Kereta dipindahkan ke fasilitas baru yang dibangun di tempat bekas bangunan Manseibashi Station, stasiun yang terus beroperasi sampai 1943 sebagai aksesori museum. Museum ini diganti namanya menjadi Museum Transportasi pada tahun 1948 untuk menutup berbagai sarana transportasi, sementara kereta api masih menjadi pameran utama museum.Pada tanggal 14 Mei 2006 museum ditutup dan  berpindah ke Museum Kereta Api baru di Saitama. 


Untuk memasuki museum ini, mina-san harus membeli tiket seharga 600 yen di mesin tiket yang disediakan di depan museum kereta api ini. jika mina-san tidak bisa menggunakan mesin tiket otomatis, anda bisa meminta bantuan petugas yang ada di depan musem kereta api ini untuk membantu anda membeli tiket melalui mesin tiket otomatis.

Di dalam museum ini juga terdapat toko souvenir dan juga kafetaria. Jadi mina-san bisa membeli beberapa souvenir khas sejarah perkereta-apian di Jepang. Museum ini  juga pernah masuk di Dorama jepang loh, tapi yang saya tau cuma dorama Sakura Kara no Tegami, di salah satu episode si Yukirin sama Kitarie pernah foto bareng disana walaupun cuma sebentar. 


Gimana mina-san tertarik untuk mengunjungi Museum Kereta Apinya? Berikan pendapat mina-san di kolom komentar ya :D

Site Reference:


Author:
Faisal 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here