Diberdayakan oleh Blogger.

Simbol Simbol Penggambaran Emosi Pada Karakter Manga



Mungkin banyak diantara minna-san yang sangat gemar membaca manga atau mungkin punya koleksi satu rak khusus hanya untuk menyimpan dan menata rapi manga tersebut dari volume awal hingga volume terbaru di dalam kamar minna-san. Akan tetapi apa minna-san pernah memperhatikan apa hal yang membedakan antara manga (komik Jepang) dengan komik dari negara lain seperti marvel ataupun DC comic??

Biar kita perjelas sedikit, setiap minna-san membaca manga mungkin hal ini cukup familiar dengan minna-san akan tetapi terkadang banyak yang hanya melewatkannya begitu saja dan tidak memperhatikan terlalu mendetail (well…. siapa juga yang mau menatap 1 halaman manga lebih dari 5 menit??) hal tersebut adalah “Tropes Symbol” simbol khas yang menggambarkan emosi dari karakter yang ada pada jalan cerita suatu manga, apa saja “Tropes Symbol” ini? Bagaimana penggunaannya untuk menyampaikan sebuah “kiasan emosi” sehingga dapat ditangkap oleh pembaca? Mari kita lihat beberapa “Tropes Symbol” yang sering ditemui berikut ini. Douzoo……

1. “Cross-Popping Vein/Bulging Vein”


Minna-san pasti familiar dengan simbol yang satu ini, ketika seorang karakter dalam manga sedang marah besar atau kesal karena sesuatu hal maka simbol ini lah yang akan minna-san temui. Simbol ini menggambarkan sebuah emosi yang meledak ledak atau amarah yang tidak dapat ditahan lagi oleh seorang karakter yang sedang kesal.

simbol berupa garis berbentuk silang yang biasa timbul di bagian kening atau kepala ini mengambarkan sebuah urat kepala yang tampak ketika seorang sedang marah atau kesal, karena pada dasarnya ketika seseorang sedang kesal tekanan darahnya akan meningkat sehingga menyebabkan otot kepala berkontraksi dan membuat urat pada bagian kening tampak. Naah urat tersebut  digambarkan dengan garis silang dalam manga itulah kenapa “Tropes symbol” yang satu ini dinamakan “Cross-popping vein” atau urat yang saling bersilangan.

2. “Nosebleeds”

Kalo “Tropes Symbol” yang satu ini bakal minna-san banyak temui di manga echii karena memiliki hubungan dengan ketertarikan atau emosi “seksual” dari seorang karakter. Berbeda dengan mimisan secara alami, biasanya trope symbol nosebleeds digambarkan dengan aliran darah dari hidung yang sangat deras dan secara tiba tiba dikarenakan suatu objek seksual yang terlihat oleh karakter tersebut, sepertinya karakter karakter yang rentan terhadap trope symbol seperti ini adalah mereka yang digambarkan sebagai seorang “hentai” atau mesum. Untuk alasan kenapa reaksi tersebut bisa terjadi sepertinya bisa minna-san tanyakan lebih lanjut kepada Sanji dan Master Roshi. :D

3. “Snot Bubble”

Jika minna-san perhatikan ketika seorang karakter manga tertidur mereka akan mengeluarkan sebuah gelembung dari hidung mereka itulah “Snot Bubble”. Akan tetapi tidak selalu saat seorang karakter tertidur maka “snot bubble” akan keluar dari hidung mereka, sepertinya “Snot Bubble” dipakai untuk menggambarkan keadaan tidur yang benar benar pulas dari sang karakter tersebut.

4. “Faceplant”

“Seorang karakter di dalam sebuah manga menjatuhkan diri secara tiba tiba” Minna-san mungkin tidak asing dengan sebuah adegan ini didalam manga, hal ini biasanya terjadi ketika seorang karakter mendengar sebuah fakta atau kebenaran yang sangat random atau sulit dipercaya biasanya berhubungan dengan kekonyolan, hal tersebut akan digambarkan dengan cara menjatuhkan diri secara tiba tiba.

5. “Sweat Drops”

“Trope Symbol” yang satu ini akan timbul ketika seorang karakter merasa ketakutan, frustasi, atau dalam keadaan yang canggung. “Sweat drops” biasanya digambarkan dengan sebuah tetesan keringat kecil maupun besar dan berjumlah baik hanya satu maupun muncul dalam jumlah banyak yang pasti digambar dibagian kepala atau rambut sang karakter.

6.  “Shock Lines”

Ketika seorang karakter mendapat tekanan fisik maupun psikis baik berupa rasa takut yang mendalam rasa kawatir yang berlebihan atau rasa sakit maka “Shock lines” akan muncul sebagai “trope symbol” untuk menggambarkan emosi tersebut. Biasanya “Shock lines” digambarkan berupa garis garis vertikal berwarna hitam yang menutupi setengah wajah sang karakter ketika reaksi emosi tersebut muncul, terkadang juga digambarkan menutupi sebagian background dibelakang karakter.

7. “Blushing Line”

Sesuai dengan namanya, “Trope Symbol” ini menggambarkan emosi tersipu malu dari seorang karakter. Biasanya digambar dibagian wajah dibawah mata sang karakter tepat menutupi area pipi dan hidung dengan menggambarkan garis garis merah tipis. Minna-san bisa menemukan banyak “Trope Symbol” ini di sebuah Manga romance tentunya. :D

Jika minna-san menemukan beberapa “Trope Symbol” lainnya saat membaca sebuah manga yang berbeda dari beberapa “Trope Symbol” di atas ayo silahkan share di kolom komentar ya, douzoo…..  :)


Site Reference:


Author:
Hamyo 

Bagikan artikel ini ke teman kalian :

0 komentar