Permainan Tanya Kokkuri-san - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 03 Mei 2013

Permainan Tanya Kokkuri-san


Konbanwa minna-san, beberapa minggu yang lalu kita sudah membahas tentang sebuah permainan mistik dari Jepang  “Hitori Kakurenbo” sudah ada yang mencoba? Hmmm…. semoga aja gak ada yang nyoba ya. Nah jika minna-san memang ada yang bermental sangat kuat dan sudah mencoba permainan “Hitori kakurenbo” mungkin eeh…. Yah mungkin masih ada yang selamat diantara minna-san dan merasa belum cukup puas, mungkin bisa berkenalan dulu dengan permainan yang satu ini. Yaap, cukup kenal aja jangan dicoba okesiip.

Permainan ini bernama “Kokkuri-san” salah satu permainan mistik tradisional yang terkenal dikalangan anak anak di Jepang. Inti permainannya simpel minna-san yaitu menanyakan sesuatu yang ingin minna-san ketahui kepada arwah “kokkuri-san”. Akan tetapi tentunya ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya minna-san tidak tanyakan, bijaklah dalam memberikan pertanyaan misalnya ya… cukup ambil buku tugas PR minna-san dan tanyakanlah jawaban dari soal soal yang ada di PR minna-san tersebut, oke kan!!

Tapi ya perlu diingat juga karena arwah Kokkuri-san ini adalah penggabungan antara arwah rubah, anjing, dan rakun yaap “Kok” (Kitsune = Rubah), “Ku” (Inu = Anjing), “Ri” (Tanuki = Rakun) setiap arwah memiliki watak masing masing, menurut kepercayaan orang orang Jepang arwah Rubah memiliki watak penipu dan licik, sedangkan arwah Anjing memiliki watak pelindung dan setia, yang terakhir yaitu arwah Rakun dipercaya membawa keberuntungan.

Jadi sifat dari arwah Kokkuri-san adalah percampuran antara semua watak tersebut, maka jangan terlalu percaya dengan apa jawaban yang didapat tentunya minna-san gak mau kan berakhir dengan dimarahi oleh guru minna-san karena dikira mengerjakan soal PR yang diberikan secara asal asalan dan tidak ada satupun jawaban yang benar!! Tentu terkadang beberapa pengalaman dari orang orang yang pernah memainkan permainan ini mengatakan bisa mendapat jawaban yang tepat. Jadi sekali lagi bijaklah dalam memberikan pertanyaan, jangan juga nanya yang beginian ya minna-san “jika x = 5 dan y = 4 maka gradient garis lurus dari log6 – akar kuadrat dari bla bla bla bla!!”  

Oke langsung aja begini tahap tahapan bermainnya minna-san:
1. Ambil secarik kertas berwarna putih lalu gambarlah sebuah Torii (Gerbang kuil) tepat di bagian tengah atas dari kertas tersebut dengan menggunakan pena merah. Kemudian tulislah “Ya” atau “Tidak” di sisi kanan dan kiri Torii. Lalu dibawahnya tulislah semua huruf alphabet dari  A sampai Z secara berurutan dengan susunan horizontal. Kemudian dibaris bawah huruf Alfabet tulislah secara berurutan angka 0 sampai 9 dengan susunan horizontal.

2. Bukalah jendela ataupun pintu dari ruangan tempat minna-san melakukan permainan ini. Hal ini bertujuan agar Kokkuri-san bisa memasuki ruangan tersebut, gambar Torii pada kertas juga merupakan perlambangan gerbang kuil Shinto yang menghubungkan antara dua dunia sehingga dari sanalah tempat keluar  masuknya arwah kokkuri-san

3. Tempatkan sebuah koin tepat di tengah gambar gerbang Torri, kemudian letakkan jari telunjuk minna-san pada koin tersebut.

4. Kemudian mulailah ritual pemanggilan, Cara memanggil arwah kokkuri-san dengan menyebut namanya sebanyak tiga kali lalu mintalah dia datang.

5. Jika berhasil Koin akan mulai bergerak dengan sendirinya, tetap tempelkan jari telunjuk minna-san pada koin tersebut dan mulailah memberikan pertanyaan

6. Untuk mengakhiri permainan, minna-san harus meminta arwah tersebut pergi dengan berkata “Kokkuri-san tolong pulanglah” koin akan bergerak ke arah kata “Ya” dan permainan pun berakhir

7. Peringatan: Setelah permainan berakhir bergegaslah musnahkan kertas yang dipakai sebagai media ritual pemanggilan tersebut dengan cara merobeknya menjadi potongan potongan kecil atau lebih baik langsung dibakar saja. Lalu jangan lupa untuk membelanjakan koin yang telah dipakai pada permainan tadi secepatnya. Atau lebih baik JANGAN LAKUKAN PERMAINAN INI!! Okesiip minna-san

Ingat ini Cuma untuk informasi semata, jika minna-san berani mencoba permainan ini resiko ditanggung sendiri ya minna-san. Jadi gimana, ada yang udah pernah nyoba permainan ini? Silahkan bagikan pengalaman mengejutkan minna-san di kolom komentar ya, Douzoo….

Author:
Hamyo 

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here