Mitos Pekerjaan Sampingan Mencuci Mayat!! - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 10 Mei 2013

Mitos Pekerjaan Sampingan Mencuci Mayat!!


Siapa yang tidak tergiur untuk pekerjaan paruh waktu di Jepang dengan upah 50.000 yen per hari!! Bisa dibayangkan jumlah uang sebesar itu bisa minna-san dapat dengan bekerja paruh waktu!! Bagaimana syaratnya? Gampang, minna-san hanya perlu mental yang kuat, hidung yang  sanggup menahan bau busuk dan perut yang sehat untuk  tidak mudah muntah seketika.

Kenapa syarat tersebut aneh? Karena pekerjaan paruh waktu yang mendapat bayaran setinggi 50.000 yen ini juga tergolong aneh, bahkan sangat menyeramkan untuk beberapa orang. Pekerjaan tersebut adalah mencuci mayat!! Sebenarnya pekerjaan paruh waktu seperti ini merupakan urban legend yang tersebar di berbagai kalangan mahasiswa di Jepang yang aktif mencari pekerjaan sampingan untuk menambah dana kuliah mereka.

Sangat sulit untuk memastikan bahwa pekerjaan ini benar benar ada karena tidak bisa di cari di surat kabar, banner, brosur, ataupun pamphlet (Surat kabar mana yang mau memuat pekerjaan semacam ini). Ada kabar yang beredar bahwa untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan paruh waktu semacam ini hanya menyebar dari mulut ke mulut saja, sehingga tidak dapat dilacak lewat media cetak atau elektronik manapun di Jepang.

Kabar yang beredar menyatakan tempat tempat yang menyediakan pekerjaan paruh waktu seperti ini adalah di beberapa institusi medis seperti rumah sakit forensik ataupun universitas kedokteran yang memiliki supply mayat sendiri untuk keperluan prakter mahasiswa mereka. Mayat mayat tersebut didapat dari penyumbang yang memang memperuntukkan mayat tersebut digunakan untuk pengembangan dunia medis, sebelum digunakan untuk bahan penelitian medis mayat mayat tersebut perlu di cuci terlebih dahulu.

Beberapa teori menyatakan awal mula rumor pekerjaan paruh waktu untuk mencuci mayat ini dimulai pada tahun 1957 berawal dari cerita pendek karya Kenzaburo Oe yang berjudul “Shisa no Ogori” cerita itu ditulis ketika Oe menjadi mahasiswa di Universitas Tokyo. Pada cerpen tersebut Oe menceritakan tentang beberapa orang siswa yang dipekerjakan untuk memindahkan mayat dari suatu kolam. Meskipun cerita pendek yang ditulis Oe ini bertema fiksi akan tetapi spekulasi yang berkembang beberapa bagian di cerita pendek karya nya tersebut diangkat dari pengalaman nyata dirinya.

Spekulasi yang lain tentang rumor pekerjaan paruh waktu yang aneh dan juga menyeramkan ini berawal pada saat pasca perang dunia ke 2, banyak penduduk Jepang yang ditugaskan memungut mayat tentara Amerika yang tewas dalam perang dan “membersihkan” mereka untuk dijadikan bahan identifikasi dan penelitian medis sebelum mayat tersebut dipulangkan ke negara asal mereka.

Pada tahun 1995 penulis sekaligus dokter medis Yoichi Nishimaru memplubikasikan essay yang dia tulis tentang penjelasan tentang sejarah peperangan Amerika serikat dan Jepang tersebut, essay tersebut memuat sebuah kutipan dari petugas kamar mayat pada era perang tersebut yang menyatakan bahwa mereka tidak menerima dan mempekerjakan penduduk sipil untuk mencuci mayat atau pekerjaan sejenis itu.

Hingga saat ini universitas medis di berbagai daerah terutama Tokyo selalu mendapat telepon masuk dari pelamar yang mengaku ingin melamar pekerjaan sebagai petugas pencucian mayat untuk universitas tersebut meskipun sudah sangat jelas universitas tidak memplubikasi ataupun menyediakan informasi yang menyatakan pekerjaan tersebut memang benar ada. Kebanyakan telepon dikatakan hanya dari orang orang iseng saja akan tetapi tidak sedikit yang benar benar serius menanyakan tentang pekerjaan tersebut, meskipun begitu urband legend tetaplah menjadi misteri.


Apakah minna-san pernah mendengar tentang pekerjaan paruh waktu menyeramkan ini? Bagaimana menurut minna-san jumlah uang yang didapat jika memang pekerjaan ini ada? Pantaskah? Silahkan berikan komentar dan pendapat minna-san, douzoo….

Site Reference:
Author:
Hamyo 

2 komentar:

  1. weleh.. ane jg mau deh....klo di kasi duit segitu

    mampir ke blog ku

    http://peluangpenghasilantambahan.blogspot.com

    BalasHapus
  2. menyeramkan sekali ya pekerjaan paruh waktunya itu, harus memiliki mental yang tinggi untuk melakukannya.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here