Cara Mudah Menjelaskan Pantangan Kuliner di Jepang - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 15 Mei 2013

Cara Mudah Menjelaskan Pantangan Kuliner di Jepang



Ketika minna-san berada di Jepang, Minna-san memiliki alergi khusus terhadap suatu makanan misalkan udang, kacang kacangan, atau tidak diperbolehkan meminum alkohol. Hal yang paling menjengkelkan adalah terjebak pada situasi dimana minna-san harus menjelaskan hal ini setiap kali ketika sedang dalam perjalanan menyusuri rumah makan ataupun restoran untuk sekedar menjalankan wisata kuliner ataupun ketika berada di homestay disuatu keluarga, terlebih kendala bahasa menghalangi minna-san untuk menjelaskan apa saja makanan dan minuman yang tidak bisa minna-san konsumsi karena beberapa alasan tertentu.

Bagaimana cara menjelaskannya? apa harus diulang berkali kali? Gimana kalo terjadi miskomunikasi? Gak bisa makan udang eh… malah disuguhin udang rebus. Apa ada cara mudah untuk mengatasi hal ini? Oh… ternyata ada!! Berterimakasihlah kepada “Maki”yang telah menciptakan inovasi sederhana namun sangat membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Maki adalah seorang food blogger dengan 2 blog kuliner yaitu Just Hungry dan Just Bento dia mencipatakan sebuah solusi yang sangat mudah untuk menyelesaikan masalah “larangan” atau batasan kuliner bagi setiap orang dengan “printable dietary card restriction”. Inovasi yang sangat simpel hanya dengan menuliskan hal yang tidak bisa minna-san konsumsi pada sebuah kertas berukuran sebesar kartu nama, dengan kartu ini minna-san tidak perlu berkali kali ataupun kawatir oleh kendala bahasa pada saat menjelaskan apa apa saja yang tidak bisa minna-san konsumsi.

Maki telah membuat sekitar 10 jenis printable card ini mulai dari kartu untuk vegetarian, alergi, sampai kartu non alkohol. Cukup dengan menempelkan kartu ini di sisi kiri atau kanan baju minna-san (asal jangan ditempel di kening) minna-san tidak akan dipersulit lagi untuk menjelaskan hal hal kusus yang tidak bisa minna-san konsumsi.

Berikut ini contoh bebrapa gambar dari “printable dietary card restriction” karya Maki:

1. Vegetarian Card



2. Dairy Allergy Card (Alergi Laktosa atau susu)



3. Nut Card (Untuk yang alergi kacang kacangan)



4. Shrimp and Shellfish Allergy Card (Alergi paling umum, Kerang dan Udang)



5. Non-Alcohol Card


Ada lebih banyak lagi jenis kartu ini, Minna-san bisa mengunjungi langsung blog Maki untuk mendowload dalam format PDF secara lebih lengkap “printable dietary card” ini siapa tau minna-san bisa menemukan salah satu printable card khusus  yang cocok dengan minna-san, silahkan klik disini

Site Reference:


Author:
Hamyo 

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here