Peringatan!! Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Menggunakan Sumpit - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 April 2013

Peringatan!! Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Menggunakan Sumpit


Photo by
Bagi minna-san yang gemar menikmati kuliner Jepang pasti tidak asing lagi dengan alat makan khas Jepang satu ini, apa lagi kalo bukan si stick kembar "sumpit". Memang sih tidak hanya penduduk Jepang saja yang menggunakan sumpit sebagai alat makan, penduduk chinese dan juga di korea umumnya menggunakan sumpit saat mereka makan akan tetapi kita bukan mau memperdebatkan dari mana asal sumpit ini dan siapa yang punya hak paten nya, gak minna... berhubung kita benci konflik dan juga okonomikatsu bukan tempat debat. jadi dipostingan ini kita bakal bahas etika penggunaan sumpit saat makan bagi orang Jepang, Dozoo.... 


Table manner atau etika meja makan memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan Jepang. Tata cara penggunaan sumpit di berbagai daerahnya juga memiliki perbedaan dan etika tersendiri, akan tetapi ada beberapa hal secara umum yang sangat penting diperhatikan bagi minna-san pada saat menyantap makanan dengan menggunakan sumpit di Jepang, kita cuma gak mau minna-san dianggap sebagai "Baka Gaijin" yaap sebutan untuk seorang turis yang gak punya tata krama atau sopan santun bagi penduduk Jepang, minna-san gak mau kan hubungan minna-san dengan seorang teman dari Jepang hancur seketika pada suatu sajian makan malam hanya karena minna-san memakai sumpit dengan cara yang salah, atau lebih parahnya bisa diusir dari rumah tumpangan minna-san laah terus jadi gelandangan tidur taman terbuka lalu berakhir dengan mati kedinginan, bayangkan semua itu cuma gara gara sumpit minna-san sumpit!! dan parahnya lagi kita gak tau bakal berhenti dimana ketidak jelasan dari postingan ini!! okesiip... sebelum semuanya tambah gak jelas, ini dia hal hal yang harus minna-san hindari saat menggunakan sumpit:

1. Peganglah sumpit minna-san dengan benar

Sebelum menggunakan hal ini lah yang harus pertama kali minna-san perhatikan, first impression minna-san dipandang sebagai "Baka gaijin" atau "Smart gaijin" (eeh yabegitulah) terletak pada langkah awal ini jadi berhati hatilah.  Jika minna-san masih belum tau cara memegang sumpit dengan benar bisa dilihat pada gambar dibawah ini, dozoo...

Photo by
Praktekanlah dirumah sebelum berangkat makan malam dengan teman (Jepang) minna-san, apa lagi kalo udah ehm.. ehm.. kencan. Ingat jangan pernah mau dipandang sebagai "Baka gaijin"!!

2. Jangan terlihat rakus saat menggunakan sumpit

Photo by
Maksudnya, jangan pernah mengambil makanan dan menyantapnya langsung dari piring yang disajikan untuk bersama. Orang Jepang sangat menjunjung tinggi kebersamaan, tidak ada yang lebih berhak menyantap hidangan secara langsung dari piring hidangan sekalipun si tuan rumah. Pindahkanlah hidangannya ke piring minna-san,  ya tapi jangan dipindahin semuanya juga  ya minna tetep ingat satu kata "kebersamaan" :)

3. Bedakanlah sumpit sekali pakai

Photo by
Biasanya dibeberapa rumah makan ataupun restoran di Jepang menyediakan tatakan kecil untuk sumpit kepada para pelanggannya. Bentuk dari tatakan kecil ini biasanya seperti kertas kecil yang dilipat ataupun memang berbentuk seperti tatakan.... cuma ya... kecil *yabegitulah* Naah tatakan kecil ini berguna untuk membedakan sumpit sekali pakai dengan yang tidak, jika pada saat pesanan  minna-san dihidangkan dan sumpit minna-san dibaringkan diatas tatakan kecil itu berarti sumpit tersebut bukan sumpit sekali pakai jadi jika minna-san selesai menyantap makanannya  jangan dibuang atau lebih parah lagi dibawa pulang!! jadi letakkan lagi sumpitnya pada tatakan kecil yang telah disediakan tadi.

4. Jangan menggunakan sumpit saat memilih hidangan 

Photo by
Ini juga sangat penting, hal ini sangat biasa terjadi kepada para "baka gaijin". Pikirkanlah dulu hidangan yang ingin minna-san makan sebelum memutuskan untuk memindahkan sebuah hidangan ke piring makan minna-san, jangan menggunakan sumpit dan memutar mutarnya diatas meja hidangan seakan akan mengelilingi seluruh hidangan sambil berpikir untuk memilih hidangan yang akan dimakan. Minna-san bakal dipandang sebagai orang yang tamak jika melakukan hal ini, bagi orang Jepang hal ini dianggap sebagai keserakahan. 

5. Jangan menggunakan sumpit untuk mencari harta karun


Laah  ini apa maksudnya!!?? Mungkin beberapa dari minna-san memiliki kebiasaan untuk mencari "harta karun" yang terpendam pada saat makan, yaa menggali kedalam sepiring hidangan untuk mencari bagian terbaik atau terlezat dari hidangan tersebut. Percayalah orang Jepang sangat benci kebiasaan ini, meja makan adalah tempat menikmati makanan, bukan tempat untuk berpetualang mencari harta karun jadi hilangkan kebiasaan ini saat menyantap makanan dengan menggunakan sumpit di Jepang.

6.   Jangan menjilati sumpit

Photo by
Yaap, untuk yang satu ini mungkin kebanyakan dari kita pernah ngelakuinnya. Memang gak bisa dipungkiri, menjilati sisa makanan yang menempel di sumpit itu sebuah kenikmatan tersendiri, kita tau kok rasanya minna-san... kita tau kok. Tapi mohon maaf sekali lagi, orang Jepang tidak mau tau dan tidak pengen tau nikmatnya kebiasaan ini. Bagi mereka tetap itu sebuah ketidak sopanan, jadi jangan lakukan kebiasaan ini ya minna-san yaa.... pas sendirian dirumah boleh sih. *lirik kanan kiri

7. Jangan berbagi makanan menggunakan sumpit

Photo by
Hati hatilah dengan kata "berbagi", maksudnya adalah jangan pernah memindahkan makanan yang ada dipiring makan minna-san kepada teman minna-san sekalipun memindahkannya menggunakan sumpit, jangan coba coba juga mindahin makanannya pake tangan ya.  

8. Respect to sumpit


Photo by
Waini apa lagi sih!!?? Orang Jepang sangat menghargai sumpit, jangan pernah memakai sumpit untuk menunjuk kearah orang lain saat sedang berbicara disela sela menyantap makanan. Jangan menggosok gosokkan kedua sumpit satu sama lain secara berulang ulang, sumpit bukan mainan!! sumpit juga punya perasaan!! hidup sumpit!! A...APA LAGI INI!!???

9. Jangan pernah menyilangkan sumpit


Photo by
Sudah dibilang sumpit juga punya perasaan, kenapa minna-san tega mengawinkan silang mereka!!?? kawinkanlah mereka dengan benar?? *nah lho!!. Maksudnya adalah jangan pernah menaruh sumpit dalam posisi bersilangan satu sama lain karena menurut kebudayaan Jepang hal itu melambangkan upacara kematian.

10. Jangan mengaduk makanan dengan sumpit


Photo by


Hal ini juga termasuk aturan yang sangat sulit dihindari sama seperti aturan nomor 6, biasanya hidangan berkuah seperti miso soup atau ramen sangat menggoda untuk diaduk terlebih dahulu agar campuran bumbu bisa merata, akan tetapi hal ini juga dipandang tidak sopan bagi orang orang Jepang. 

Ingatlah selalu jika sumpit bukanlah sekedar dua buah stick kembar untuk mengantarkan makanan kedalam mulut seseorang, terlepas dari fungsinya sendiri sumpit merupakan perlambangan dari warisan kebudayaan, jadi hargailah. Ada banyak perbedaan dalam tata cara penggunaan sumpit baik di negara lain seperti Korea atau china juga memiliki tata cara mereka sendiri, jadi bijaklah dalam menggunakan sumpit ya minna-san sesuaikan dengan kondisi budaya yang ada disekitar minna-san. 

"Beberapa chopstick manner orang Jepang, ayo diingat ya!!"      
Bagaimana nih menurut minna-san  tata cara penggunaan sumpit diatas? poin nomor berapa yang biasanya sering minna-san langgar? silahkan share di kolom komentar ya, dozoo.... :D


Author:
Hamyo 

13 komentar:

  1. haduu, ribet juga yaa.. tapi nambah ilmu tentang nge-guna-in- sumpit! kerenl!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ribet ini, banyak yg lebih ribet lagi. XD

      Hapus
  2. nice inpo,...pingin sih belajar nyumpit cuma susahnya bok..bok..biasalah pake tangan...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake tangan memang lebih nikmat :D

      Hapus
  3. .nice info :) jdi lebih tau chopsticks manner yg benar :D arigatou ne !

    BalasHapus
    Balasan
    1. douitashimashite minna :)

      Hapus
    2. apa artinya douitashimashite?

      Hapus
  4. Info yang bagus :) arigatou gozaimasu !!

    BalasHapus
  5. trus klo mo ngaduk kuah ramen gmn? ups ketauan dech..hehe

    BalasHapus
  6. Thank's four your information

    Sincerly : Wendy

    BalasHapus
  7. no. 6, 8 sama10 Ups..!! :P, abis udah kebiasann sih,,hehe tapi gak-gak lagi deh sekarang :P. mau mencoba pakai sumpit yang benar...nice info :)

    BalasHapus
  8. makan pake sumpit susah,min. tapi kalau pergi ke jepang harus bisa pakai sumpit, karena sebagian besar memang menggunakannya.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here