Kenalan Sama Zashiki Warashi Yuk, Hantu Jepang Pembawa Keberuntungan - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 18 April 2013

Kenalan Sama Zashiki Warashi Yuk, Hantu Jepang Pembawa Keberuntungan


Konichiwa mina-saaan~ saya dateng lagi loh~.Mina-saaan~, kali ini kita bakal bahas sesuatu yang horor looh *Bekson DOY - Kangen Band*. Tapi tenang mina-san kali ini horornya ga serem serem amat kok. Kalo gitu langsung aja kita mulai ya. Se~No

Sebelum kita mulai mina-san ada yang udah tau apa itu Zashiki Warashi? Nah bagi mina-san yang belum tau Zashiki Warashi adalah salah satu jenis yokkai(hantu jepang) yang tinggal di rumah rumah. Nama Zashiki Warashi sendiri diambil dari istilah nama lantai tatami 'Zashiki' dan 'Warashi' (istilah lain untuk menyebut 'bocah') yang keseluruhannya berarti 'Bocah di dalam ruangan'.

Zashiki Warashi mempunyai wujud menyerupai anak kecil berusia sekitar 5 atau 6 tahun yang berambut bob pendek dan berwajah merah, namun kadang-kadang ia digambarkan sebagai gadis remaja belasan tahun. Penampilan Zashiki Warashi juga tergantung jenis kelaminya, bila dia anak laki-laki, maka kimono yang dikenakannya dari kain kasuri berwarna gelap atau kain bermotif bergaris-garis.

Image source

Bila dia anak perempuan, maka pakaiannya adalah kimono jenis kosode dengan mantel chanchanko atau kadang kadang furisode. Sosok zashiki warashi yang sebenarnya tidak jelas. Oleh karena itu jenis kelaminnya juga kadang-kadang tidak dapat dipastikan(tapi mereka bukan bencong kok mina *duk*).  Seperti halnya anak kecil, Zashiki Warashi sangat senang bermain. Ia senang berlarian ke sana kemari, memainkan barang-barang, membunyikan alat musik, dan sebagainya.

Image source
Terus Zashiki Warashi itu bahaya ga? Tenang mina-san Zashiki Warashi sendiri bukanlah yōkai yang agresif. Dari segi fisik dan perilakunya juga sama seperti anak manusia biasa dan tidak berbahaya. Kalau menurut kepercayaan masyarakat Jepang, kedatangan Zashiki Warashi merupakan pertanda bahwa keluarga yang didatangi adalah keluarga makmur yang sejahtera. 

Kehadirannya seolah memiliki pesan tersirat bahwa yōkai ini juga membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan respek dari siapapun yang bersedia menjadi “orang tua asuh”nya. Jika Zashiki Warashi diperbolehkan menumpang, ia akan memancarkan aura keberuntungan yang berlipat ganda sebagai bukti balas budi. Namun jika Zashiki Warashi meninggalkan rumah apalagi dengan cara yang kurang menyenangkan seperti diusir, maka seluruh anggota keluarga akan mendapat masalah. Mulai dari kebangkrutan, bencana alam, dan persoalan lainnya yang datang bertubi-tubi.

Pada malam hari, Zashiki Warashi kerap berbuat jahil dengan menarik bantal yang tengah dipakai orang yang sedang tidur. Selain itu, mereka juga suka menempelkan telapak tangannya yang dingin ke wajah orang tersebut atau malah menindih orang yang sedang tidur. Siapapun yang bisa melihatnya, Zashiki Warashi akan tersenyum dan pergi melarikan diri seperti anak kecil yang bermain petak umpet.

Image source
Zashiki Warashi tidak bisa dilihat oleh semua orang. Terkadang, Zashiki Warashi bisa dilihat oleh anak kecil yang masih sangat polos tetapi tidak oleh orang dewasa, selain itu Zashiki Warashi tidak bisa menampakan dirinya kepada orang yang bukan anggota keluarga yang “mengasuhnya” . Menurut Urban Legend bagi mereka yang ingin bertatap muka langsung dengan Zashiki Warashi, harus mengunjungi terlebih dahulu sebuah kamar di hotel Ryokufuso yang berada di Ninohe, Iwate yang  disebut-sebut sebagai kediaman asli Zashiki Warashi. Menurut rumor yang beredar, pada tengah malam sosok Zashiki Warashi laki-laki akan menampakkan diri di sebuah ruangan bertatami lantai dua penginapan ini. 

Bagi siapa yang bisa melihatnya, akan memperoleh keberuntungan. Walau terdengar mistis, nyatanya hotel tersebut selalu ramai bahkan full booked dari jauh hari. Penginapan ini pernah terbakar yang disebabkan oleh seorang anak kecil misterius berkimono merah yang tengah bermain api di kuil belakang penginapan tersebut.Hanya kuil dan signage penginapan tersebut yang selamat dari lalapan api. 

Ryokufuso kemudian dibangun kembali menjadi sebuah hotel yang lebih modern. Selain itu, ada juga kuil khusus Zashiki Warashi yang terletak di kaki gunung Hayachine, bernama Kuil Hayachine. Di dalam kuil ini, terdapat banyak sekali boneka Zashiki Warashi dalam berbagai model yang dibawa oleh orang-orang yang datang dan tengah mencari berkah dan kebahagiaan. Karena kabarnya Zashiki Warashi akan ikut pulang dengan pengunjung kuil yang datang dari tempat jauh.

Nah gimana minna cerita horronya, serem gak?(saya gak yakin ada yang ketakutan -_-').  Nah daripada mina-san tambah ketakutan kita udahan dulu ya, semoga artikel dari kami bermanfaat :), Jaa~


Author:
Faisal 

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here