Hina Matsuri, Festival Perayaan Gadis Kecil dan Boneka - Okonomikatsu

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 07 Maret 2013

Hina Matsuri, Festival Perayaan Gadis Kecil dan Boneka


Festival Hina Matsuri sudah berlalu sejak beberapa hari yang lalu, yaitu tepat pada tanggal 3 maret setiap tahunnya di Jepang Hina Matsuri digelar. Sebelumnya kalian udah tahu belum nih apa itu Hina Matsuri?  Hina matsuri juga dikenal sebagai festival gadis kecil atau pun festival boneka  karena pada saat Hina Matsuri tiba, para gadis kecil akan meletakkan boneka yang disebut sebagai Hina Ningyo. Tujuan dari perayaan ini adalah memberikan doa selamat kepada setiap gadis kecil yang ada di suatu keluarga.

Sejarah Hina Matsuri

   image source 2

Ada kepercayaan di Jepang yang mengatakan bahwa boneka dapat menjadi media untuk memindahkan nasib sial dan mala petaka dari tubuh manusia. Bahkan sampai saat ini orang Jepang masih memegang teguh kepercayaan ini, misalnya saja dibeberapa tempat di Jepang setiap tanggal 3 maret tiba mereka membuat boneka dari kertas dan menghanyutkannya ke sungai, tradisi ini dikenal juga sebagai “Hina Okuri” atau “Hina Nagashi”. Tradisi Hina Matsuri yang memamerkan beberapa boneka dimulai pada periode Heian  sekitar tahun 794- 1185.

Boneka Hina Matsuri atau “Hina Ningyo”  hanya diperihatkan jika sebuah keluarga memiliki seorang anak perempuan. Biasanya  Hina Ningyo ini diwariskan dari generasi ke generasi di dalam sebuah keluarga, seorang anak perempuan akan mendapatkan bonekanya pada saat dia merayakan Hina Matsuri untuk yang pertama kalinya (Hatsuzekku). Ada kepercayaan dimana jika pada malam 3 maret seorang anak perempuan lupa atau tidak meletakkan Hina Ningyo miliknya pada tempat yang telah di sediakan maka dia akan kesulitan untuk mendapatkan jodoh seumur hidupnya.

Dekorasi Hina Ningyo

Hina ningyo memiliki susunan khusus pada saat memamerkannya di Perayaan Hina Matsuri, Mereka memiliki tingkatan tingkatan dalam peletakannya yang menggambarkan suasana kekaisaran pada masa Heian. Kombinasi utama dari susunan ini adalah boneka sang kaisar yang diletakkan pada sisi sebelah kiri orang yang melihatnya akan tetapi pada zaman dahulu boneka sang kaisar diletakkan di sisi sebelah kanan. Tidak seperti permaisuri dan beberapa boneka pelayan di bawahnya, sang kaisar tidak mengenakan kimono melainkan “Juuni-Hitoe” lembaran 12 jubah perayaan, bahkan sampai sekarang keluarga bangsawan di Jepang masih mengenakan Juuni Hitoe pada saat merayakan pernikahan.




Pada tempat atau tingkatan kedua ada tiga boneka perempuan yang menggambarkan para pelayan perempuan yang sedang memegang peralatan untuk menyajikan sake. Dan di antara mereka di letakkan sebuah meja bundar sepertinya meja ini digunakan sebagai tempat meletakkan sesuatu berupa kue atau sajian untuk sang kaisar.

   
Pada tempat ketiga ada lima boneka yang menggambarkan sebagai musisi untuk menghibur sang kaisar yang memegang alat muski tradisional Jepang seperti taiko, otsuzumi, kotsuzumi, Fue atau seruling, dan seorang penyanyi yang memegang sensu (sebuah kipas tradisional Jepang).

Pada tempat ke Empat menggambarkan 2 Mentri atau di sebut juga sebagai Udaijin dan Sadaijin, biasanya ada dua buah meja yang diletakkan di antara mereka.

Pada tempat kelima terdapat tiga pengawal kaisar yang dinamai Nakijogo, Okorijogo, dan Waraijogo.
Dan pada tingkatan ke enam dan ke tujuh banyak sekali benda benda yang menggambarkan miniatur barang barang kerajaan. 


Penempatan ini tidaklah selalu dipakai, karena tidak semua keluarga memiliki satu set Hina Ningyo yang benar benar lengkap, karena satu set Hina ningyo ini sangat lah mahal, itu juga yang menjadi alasan kenapa Hina Ningyo diwariskan secara turun temurun. Beberapa keluarga hanya memakai dua boneka saja yang menggambarkan tingkatan paling atas yaitu sang kaisar dan permaisurinya.

 Just a little Omake

                                Image Source 7        "Hina Matsuri Lucky star"


Sudah pernah melihat Hina ningyo sebelumnya? Ingin mencoba menata Hina Ningyo ini di dalam rumah kalian? Ayo share pendapat kalian di kolom komentar ya, Arigatou Gozaimasu Minna-san :D


Author:
Hamyo 

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here